MATHEMATICAL CHIPS

Math chips, atau yang juga dikenal sebagai counting chips atau integer chips, adalah alat bantu manipulatif yang sering digunakan dalam pembelajaran matematika. Alat ini berbentuk kepingan kecil berwarna yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan penilaian harian secara formatif dan menyenangkan.

Berikut adalah beberapa metode untuk melakukan penilaian harian dengan menggunakan mathematical chips.

  1. Talking chips 

Metode ini paling sering digunakan dalam penilaian formatif.

  • Cara kerja: Setiap siswa atau kelompok diberi sejumlah chips (misalnya, 3 atau 4 buah). Saat guru memberikan pertanyaan, siswa yang ingin menjawab, memberikan pendapat, atau mengajukan pertanyaan harus meletakkan satu chip mereka di tengah meja.
  • Penilaian: Guru dapat mengamati partisipasi setiap siswa. Ketika seorang siswa kehabisan chips, ia harus memberi kesempatan pada siswa lain untuk berbicara. Ini memastikan semua siswa terlibat secara merata. Guru bisa mencatat:
    • Siapa yang aktif?
    • Siapa yang perlu didorong?
    • Kualitas jawaban dan pertanyaan yang diajukan.
  1. Math potato chips 

Metode ini mengubah soal matematika menjadi permainan interaktif.

  • Cara kerja: Guru bisa menyiapkan lembar kerja yang berisi soal-soal matematika sederhana, seperti penjumlahan atau pengurangan bilangan bulat, dengan bentuk menyerupai bungkus keripik kentang. Soal-soal bisa dibagi menjadi beberapa tingkat kesulitan, seperti:
    • LOTS (Low Order Thinking Skill): Soal dengan poin rendah.
    • MOTS (Middle Order Thinking Skill): Soal dengan poin sedang.
    • HOTS (High Order Thinking Skill): Soal dengan poin tinggi.
  • Penilaian: Siswa mengambil lembar soal (chips) secara acak. Guru dapat melihat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan tingkat kesulitan yang bervariasi. Penilaian bisa dilakukan dengan observasi langsung atau melihat hasil akhir pengerjaan soal.
  1. Visualisasi konsep bilangan bulat 

Metode ini membantu guru menilai pemahaman siswa terhadap konsep abstrak.

  • Cara kerja: Gunakan chips dengan dua warna berbeda untuk melambangkan bilangan positif dan negatif. Misalnya, kuning untuk positif dan merah untuk negatif. Minta siswa untuk menggunakan chips ini untuk memodelkan operasi matematika, seperti:
    • Penjumlahan: Misal, 5 + (-2). Siswa meletakkan 5 keping kuning dan 2 keping merah. Satu keping kuning dan satu keping merah akan saling meniadakan (membentuk pasangan nol), sehingga tersisa 3 keping kuning sebagai hasil akhir.
    • Pengurangan: Misal, 3 – (-4). Siswa meletakkan 3 keping kuning, lalu menambahkan 4 pasang nol (4 keping kuning dan 4 keping merah). Setelah itu, mereka mengambil 4 keping merah sehingga tersisa 7 keping kuning.
  • Penilaian: Guru dapat menilai pemahaman konseptual siswa dengan mengamati proses visualisasi mereka. Ini lebih efektif daripada hanya melihat jawaban akhir yang benar atau salah.
  1. Aktivitas sortir dan hitung

Metode ini cocok untuk menilai pemahaman tentang klasifikasi dan operasi dasar.

  • Cara kerja: Berikan siswa berbagai chips dengan warna berbeda. Minta mereka untuk mengelompokkan chips berdasarkan warna atau atribut lain, lalu menghitung total jumlah setiap kelompok.
  • Penilaian: Guru dapat menilai kemampuan siswa dalam:
    • Melakukan operasi hitung dasar.
    • Menyortir dan mengklasifikasikan objek.
    • Menyajikan data sederhana (misalnya, dalam bentuk tabel).

Kelebihan menggunakan mathematical chips

  • Meningkatkan keterlibatan: Pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan interaktif, sehingga siswa lebih termotivasi.
  • Memberikan umpan balik langsung: Guru bisa melihat secara langsung cara berpikir siswa dan memberikan perbaikan segera.
  • Membangun pemahaman konseptual: Alat bantu konkret ini membantu siswa memahami konsep matematika yang abstrak, seperti bilangan bulat, pecahan, atau nilai tempat.
  • Menyediakan data formatif: Guru mendapatkan wawasan yang cepat dan berharga tentang pemahaman siswa, yang dapat digunakan untuk menyesuaikan pengajaran berikutnya.
@infonedupultas Penilaian harian menggunakan Mathematic Chips 🤩 Murid dapat sekaligus merasakan berbagai rasa yang berbeda 😎 Penilaian dengan menggunakan Chips dapat meningkatkan nilai kejujuran karena setiap murid mendapatkan soal berbeda-beda dan bertanggung jawab menjawab soal secara mandiri! Jangan tanya rasa, karena terjamin 100% Mantap ⁉️ #matematika #pembelajaranmenyenangkan #smpn20tasikmalaya #mathematic #fyp ♬ suara asli – hayaniaan