Treasure Mapping

Pembelajaran dengan treasure mapping atau peta harta karun adalah metode pembelajaran aktif dan inovatif yang menggunakan konsep mencari harta karun untuk memotivasi siswa, memicu kerja sama, dan meningkatkan pemahaman materi pembelajaranSiswa dibagi dalam kelompok, lalu menggunakan peta dan petunjuk untuk menemukan lokasi-lokasi berisi tugas atau soal-soal yang harus diselesaikan secara berkelompok untuk melanjutkan ke pos berikutnya, hingga mencapai pos akhir. 

Bagaimana Pembelajaran dengan Treasure Mapping Dilakukan?
  1. 1. Pemberian Peta dan Petunjuk:

    Setiap kelompok mendapatkan peta yang berisi petunjuk lokasi-lokasi tertentu, seperti lokasi QR code yang ditempel. 

  2. 2. Pencarian Lokasi dan Pemecahan Soal:

    Siswa mencari lokasi berdasarkan petunjuk yang diberikan, seringkali dalam bentuk teka-teki atau instruksi dalam bahasa Inggris. 

  3. 3. Interaksi dengan Kode QR:

    Di setiap lokasi, siswa akan menemukan QR code yang ketika discan akan menampilkan soal atau tugas yang harus dikerjakan secara berkelompok. 

    4. Kerja Sama dan Diskusi:

    Siswa berdiskusi dan berkolaborasi untuk memecahkan masalah atau soal yang ada di setiap pos agar dapat melanjutkan ke lokasi berikutnya. 

    5. Penyelesaian Tugas Berkelanjutan:

    Setelah menyelesaikan soal di satu pos, kelompok akan mendapatkan petunjuk untuk mencari lokasi berikutnya, dengan aturan tidak bisa melanjutkan jika soal di pos sebelumnya belum selesai. 

    6. Pos Terakhir/Final:

    Kelompok akan menuju pos terakhir untuk menyelesaikan tantangan final, seringkali secara individu, untuk mengakhiri permainan. 

    7. Refleksi:

    Setelah selesai, siswa diajak untuk merefleksikan apa yang telah mereka pelajari dan bagaimana perasaan mereka selama pembelajaran. 

    Manfaat Pembelajaran dengan Treasure Mapping:
  • Meningkatkan Motivasi:

    Metode yang dinamis dan menyenangkan ini dapat membangkitkan motivasi internal siswa untuk belajar dan berpartisipasi aktif. 

  • Mendorong Kerja Sama Tim:

    Siswa harus berdiskusi dan bekerja sama untuk memecahkan teka-teki dan soal, melatih keterampilan komunikasi dan kolaborasi. 

  • Meningkatkan Konsentrasi:

    Fokus pada pencarian lokasi dan pemecahan masalah dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa. 

  • Mengembangkan Berpikir Kritis:

    Siswa dilatih untuk berpikir kritis dalam menafsirkan petunjuk dan menentukan strategi untuk menemukan lokasi. 

  • Penguatan Pemahaman Materi:
    Pembelajaran menjadi lebih bermakna karena siswa terlibat langsung dalam menemukan konsep dan memecahkan masalah.

Download disini